Penguatan Pembinaan dan Pengawasan Sarana Pelayanan Kefarmasian UPT Puskesmas Jurumudi Baru

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Petugas Farmasi UPT Puskesmas Jurumudi Baru di wilayah kerjanya Kecamatan Benda melakukan pembinaan dan pengawasan pengelola apotek Duta Sehat dengan memeriksa obat-obatan yang dijual apotek-apotek.

Kegiatan yang dilakukan belum lama ini sebagai wujud pelaksanaan  pembinaan & pengawasan puskesmas kepada apotek-apotek. Adapun  pemeriksaan dilakukan adalah kesesuaian antara Penyelenggaraan Pelayanan Kefarmasian dengan standar pelayanan kefarmasian di apotik.

Rika, Petugas Farmasi Puskesmas Jurumudi Baru, kemarin, menjelaskan tujuannya agar apotek dalam memberi layanan dapat memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan.

"Adapun pengawasannya berupa mengecek standar yang ada di apotek dengan Standar Kementerian Kesehatan RI, baik segi administratif, manajemen, dan pelayanan farmasi klinis," katanya.

Dia mengharapkan dengan pengawasan ini, pengelola apotek dapat memenuhi standar pelayanan yang sesuai standar yang ditetapkan serta meningkatkan kompetensi pengelola apotek dan dapat meningkatkan patient safety dan juga outcome yang baik bagi pasien/pelanggan, ucapnya.

Sementara dr Hermawan, Kepala Puskesmas Jurumudi Baru, menambahkan tujuan dari pengawasan seperti ini juga agar para apotek dan penjual obat di wilayak kerja puskesmas Jurumudi Baru tidak melakukan penyalahgunaan layanannya.