KICK OFF PELAKSANAAN BIAS UPT PUSKESMAS JURUMUDI BARU

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui UPT Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang melaksanakan Kick Off Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), secara serentak di 39 Puskesmas di Kota Tangerang, Rabu (9/8/23).

Kick Off BIAS berlangsung di SDN Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, bersama Penanggung jawab Imunisasi dan tim BIAS Puskesmas. Diketahui, pada BIAS bulan Agustus 2023 ini, sasaran ada 809  anak kelas I menjadi target imunisasi MR atau Campak Rubela, dan 409 anak perempuan menjadi target imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) di 14 Sekolah Dasar (SD/MI) di wilayah kerja Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang.

Diantaranya, 6 SD negeri dan swasta, 8 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penanggung jawab Program Imunisasi, Mima mengatakan setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin, lengkap, tidak hanya saat bayi saja. Dan melalui BIAS ini, kami harap bisa memenuhi imunisasi lanjutan pada anak-anak kita. Imunisasi ini untuk siswa- siswi usia 7 hingga 11 tahun, setingkat SD kelas 1, kelas 2 dan kelas 5. Tidak hanya peserta didik sekolah formal saja, tapi sekolah non formal juga bisa karena kami lakukan imunisasi mulai dari sekolah, Puskesmas, Posyandu dan fasilitas kesehatan.

Kepala Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang, drg Muhammad Ilham  mengungkapkan BIAS akan berlangsung dua tahap, yakni Agustus untuk kelas I usia tujuh tahun yaitu imunisasi Campak Rubela atau MR dan kelas V usia 11 tahun untuk imunisasi HPV.

Tahap dua di November, anak usia 7 tahun akan mendapat imunisasi Difteri Tetanus (DT), anak usia 8 tahun mendapat imunisasi Tetanus Diphteria (TD), dan anak kelas V atau usia 11 tahun mendapat imunisasi Tetanus Diphteria (TD).

Imunisasi dalam kegiatan BIAS sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit Tetanus, Difteri, Campak, Rubela dan khusus pada imunisasai HPV yakni mencegah Kanker leher rahim yang dapat menyebabkan disabilitas dan kematian,” ungkap Ilham.

Dengan ini, diimbau seluruh orangtua di Kota Tangerang untuk turut bekerjasama dengan program BIAS ini, memastikan seluruh anaknya mendapat vaksinasi lengkap, untuk tumbuh kembang generasi Kota Tangerang yang sehat dan kuat.