HARI JANTUNG SEDUNIA 2023 : SENAM JANTUNG SEHAT & SKRINING PTM GRATIS

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Poris Gaga Lama akan memperingati Hari Jantung Sedunia Tahun 2023. Bersamaan dengan momentum tersebut, Puskesmas Poris Gaga Lama akan menyelenggarakan Senam Bersama dan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular yang diselengarakan secara terbuka dan gratis untuk masyarakat Kota Tangerang.


Kepala Puskesmas Poris Gaga Lama, drg. Apriliana Mardiyanti menuturkan, peringatan Hari Jantung Sedunia ini merupakan momentum untuk mensosialisasikan ke masyarakat terkait pentingnya mengenali kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Selain Senam Bersama, Puskesmas Poris Gaga Lama akan menghadirkan layanan kesehatan dalam bentuk pemeriksaan penyakit tidak menular berupa pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), pengecekan gula darah sewaktu, dan pengecekan kolekterol yang akan diselengarakan di Halaman Puskesmas Poris Gaga Lama, Sabtu, 30 September 2023, pukul 08.00-selesai, mendatang.


“Ini merupakan bentuk inisiatif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung. Oleh karenanya, kami adakan kegiatan yang dapat mengundang antusias masyarakat sekitar untuk bisa berbondong-bondong meramaikan dan mengakses layanan kesehatan yang telah disediakan,” ujar Kepala Puskesmas Poris Gaga Lama, drg. Apriliana Mardiyanti, Jumat, (29/9/23).


Ia melanjutkan, Puskesmas Poris Gaga Lama juga memberikan persyaratan yang mudah bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi di kegiatan senam bersama ataupun mengakses layanan pemeriksaan penyakit tidak menular tersebut. Lanjutnya, persyaratan yang dibutuhkan hanya perlu membawa salah satu dari fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)/Kartu Indonesia Sehat (KIS).


“Untuk manfaatnya, kegiatan ini dinilai mempunyai manfaat yang sangat besar. Selain mengisi akhir pekan dengan senam bersama, juga bisa mengakses layanan pemeriksaan gratis untuk mengetahui kondisi kesehatan, sehingga kedepannya mampu meningkatkan kesadaran preventif untuk menjaga kesehatan masing-masing,” tambahnya.


Selain itu, Puskesmas Poris Gaga Lama berharap kegiatan bermanfaat ini dapat diikuti masyarakat di sekitar kawasan tersebut secara antusias. Terlebih, layanan pemeriksaan penyakit tidak menular ini merupakan layanan kesehatan yang dihadirkan secara gratis. (mts)