GERAKAN IBU HAMIL SEHAT DALAM RANGKA HARI IBU

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Mengangkat tema Gerakan Ibu Hamil Sehat “Bersama Dukung Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia” 22 Desember 2022, Indonesia memperingati Hari Ibu. Peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah perayaan Mother’s Day seperti di negara lain. Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya merebut kemerdekaan dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa sebagai sumber daya potensial dalam pembangunan dan berbagai lini kehidupan lainnya.

 

 Kehadiran buah hati adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Buah hati yang lahir sehat dan selamat pasti menjadi harapan orang tua. Namun, di masa pandemi COVID-19 ini tentu membuat kekhawatiran bagi setiap ibu hamil. Bagaimana cara mereka menyikapi agar kehamilan tetap aman dan lancar sampai kelahiran. Bagaimana mereka dengan mudah mendapatkan pelayanan yang aman meskipun dalam masa Pandemi COVID-19 era kebiasaan baru.

 

UPT Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang bersama dengan seluruh Fasilitas Kesehatan se-Kota Tangerang serentak membuka pelayanan ANC (Antenatal Care) 14 -22 Desember secara gratis; berupa Pemeriksaan dan Konsultasi Ibu Hamil, Pemeriksaan Tripel Eliminasi (HIV,Sifilis dan HBSAG), Pemberian Tablet Tambah Darah, Mengikuti Kelas Ibu Hamil min 4 kali dan Melahirkan di Fasyankes. Pasien ANC yang berkunjung sebanyak 7 orang sangat antusias untuk memeriksakan calon buah hatinya karena dapat berkonsultasi langsung dengan tenaga medis di puskesmas. Rabu (14/12/2022). Antenatal Care (ANC) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Pemeriksaan kehamilan dilakukan minimal 4 (empat) kali selama masa kehamilan, yaitu 1 kali pemeriksaan pada trimester pertama, 1 kali pemeriksaan pada trimester kedua, dan 2 kali pemeriksaan pada trimester ketiga.

Tujuan ANC (Antenatal Care) yaitu:

  1. Memantau kemajuan proses kehamilan demi memastikan kesehatan pada ibu serta tumbuh kembang janin yang ada di dalamnya.
  2. Mengetahui adanya komplikasi kehamilan yang mungkin saja terjadi saat kehamilan sejak dini, termasuk adanya riwayat penyakitdan tindak pembedahan. 
  3. Meningkatkan serta mempertahankan kesehatan ibu dan bayi.
  4. Mempersiapkan proses persalinan sehingga dapat melahirkan bayi dengan selamat serta meminimalkan trauma yang dimungkinkan terjadi pada masa persalinan.
  5. Menurunkan jumlah kematian dan angka kesakitan pada ibu.
  6. Mempersiapkan peran sang ibu dan keluarga untuk menerima kelahiran anak agar mengalami tumbuh kembang dengan normal.
  7. Mempersiapkan ibu untuk melewati masa nifas dengan baik serta dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Bunda, terima kasih selalu berjuang untuk anakmu dengan tidak mengenal keadaan. Susah dan senang Bunda lewati demi kebahagiaan keluarga. Aku beruntung memiliki sosok Bunda sepertimu. Selamat Hari Ibu!