Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah, pemberian Obat Cacing serta Skrining Merokok usia 10-18 Tahun

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Bulan Imunisasi anak sekolah adalah bagian penting dari upaya kesehatan masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit menular dan melindungi kesehatan anak-anak. Ini juga dapat membantu mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), yang melindungi individu yang tidak dapat divaksinasi, seperti anak-anak yang memiliki alergi vaksin atau kondisi kesehatan lainnya yang menghalangi vaksinasi.

Jenis Imunisasi yang diberikan kepada sasaran anak sekolah kelas 1 SD, Imunisasi Campak dan Rubella (MR) merupakan suatu proses memasukkan virus campak dan rubella yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan antibodi atau kekebalan terhadap penyakit campak.

Human Papilloma Virus (HPV)adalah jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi pada permukaan kulit, umumnya berupa kutil di beberapa area tubuh, seperti bahu, wajah,kaki, hingga area kelamin. selain itu, virus HPV adalah yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks pada perempuan.

Imunisasi HPV di berikan 2 dosis dengan jarak interval 12 bulan:

Dosis pertama baru akan di berikan pada perempuan usia kelas 5 SD / MI ( 11 TAHUN)

Dosis ke 2 pada anak perempuan usia kelas 6 SD /mi (12 tahun) ( 21/08)