Skrining PTM pada Masyarakat Kel. Karang Sari, Neglasari

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Selasa (26/9) PJ Program  PTM (Penyakit Tidak Menular) Puskesmas Neglasari mengadakan Kegiatan Skrining PTM di wilayah Kel. Karangsari, Kec. Neglasari Kota Tangerang.

Kegiatan skrining PTM (Penyakit Tidak Menular) pada masyarakat sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.  Skrining PTM adalah proses untuk mendeteksi risiko atau adanya penyakit PTM pada individu secara dini. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam skrining PTM oleh puskesmas:

Kegiatan Skrining PTM diawali dengan memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang faktor risiko PTM, seperti pola makan sehat, olahraga, pengendalian stres, dan tidak merokok. 

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan secara fisik, seperti pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan, lingkar perut, dan pemeriksaan fisik lainnya. Dan puskesmas juga melakukan pemeriksaan laboratorium sederhana, seperti tes gula darah atau lipid profil, untuk mendeteksi penyakit seperti diabetes atau hiperlipidemia.

Skrining PTM oleh puskesmas sangat penting untuk mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular yang dapat menjadi beban kesehatan masyarakat. Upaya ini melibatkan edukasi, deteksi dini, dan intervensi untuk mengurangi faktor risiko dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.