Memperoleh Layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi
Memperoleh Layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
Memperoleh Layanan yang efektif dan efisien
Memilih dokter/ petugas sesuai keinginan jika memungkinkan
Mendapatkan Privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
Mendapatkan Informasi meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan
Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan
Menyampaikan keluhan atau pengaduan atas pelayanan yang diterima secara sopan
Memperoleh informasi tentang hal dan kewajiban pasien
Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas
Kewajiban Pasien
Mematuhi Peraturan yang berlaku di Puskesmas
Membawa Kartu Identitas (KTP, KK, Kartu Asuransi)
Membawa kartu berobat
Menggunakan fasilitas puskesmas secara bertanggungjawab
Menghormati Hak-hak pasien lain, pengunjung dan hak tenaga kesehatan serta petugas lain yang bekerja di Puskesmas
Memberi informasi yang jujur, lengkap dan akurat tentang masalah kesehatannya
Mematuhi rencana terapi, nasihat dan petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan
Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterma sesuai peraturan daerah yang berlaku
Menandatangani informed consent baik persetujuan atau penolakan terhadap tindakan medis yang dilakukan