UPT PUSKESMAS JURUMUDI BARU: KICK OFF SUKSESKAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL (PIN) POLIO 23 JULI 2024

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Polio merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” ungkap Kepala Puskesmas Jurumudi Baru drg. Muhamad Ilham kepada peserta Pin Polio saat apel kick off Sukseskan Pekan Imunisasi (PIN) Polio, bertempat Halaman Kantor Kelurahan Pajang Selasa (23/07/2024).

Muhamad Ilham menyebut bahwa polio adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus tersebut nantinya akan merusak sistem saraf tubuh penderitanya sehingga dapat berisiko terjadi kelumpuhan, sulit bernapas, atau bahkan kematian.

Kepala Puskesmas Jurumudi Baru berharap, agar para orang tua memastikan anak-anak mereka memperoleh imunisasi rutin polio lengkap sesuai usia, yaitu 4 kali polio tetes dan 2 kali polio suntik, sebelum usia 1 tahun.

PIN nOPV2 akan dilakukan dalam dua putaran. Yakni, putaran pertama yaitu dosis satu pada 23 -29 Juli dan sweeping pada 30 Juli hingga 3 Agustus. Sedangkan putaran kedua atau dosis dua, akan dilakukan pada 6-12 Agustus dan sweeping pada 13-17 Agustus “Serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), termasuk Buang Air Besar (BAB) di jamban dengan septic tank dan cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air,” pungkasnya.

Masyarakat diimbau segera melapor kepada petugas kesehatan atau Puskesmas terdekat bila menemukan anak usia di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak

POLIO tidak bisa diobati tapi bisa dicegah dengan IMUNISASI. Jadwal Pelaksanaan PIN Polio di Kota Tangerang

PIN nOPV2 dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024 (7 hari + 5 hari sweeping) dilaksanakan dalam 2 putaran :

 

 

Putaran 1 :

* dosis 1: 23 s/d 29 Juli 2024

* sweeping : 30 juli s/d 3 Agustus 2024

Putaran 2:

* dosis 2 : 6 s/d 12 Agustus 2024

* sweeping : 13 s/d 17 Agustus 2024

PIN Polio akan dilakukan di seluruh puskesmas, posyandu,  sekolah, pos pelayanan imunisasi lainnya di wilayah kerja Puskesmas Jurumudi Baru. Adapun pelaksanaannya MI Islahudiniyah, SDI Al Kausar, dan Posyandu MJ 13 Duta Garden.

Imunisasi ini aman, gratis, dan sangat penting untuk melindungi anak-anak kita dari kelumpuhan. Bawa anak Anda yang berusia 0-7 tahun ke posyandu, puskesmas, sekolah atau pos layanan imunisasi terdekat pada tanggal 23 Juli  jangan lupa bawa buku KIA. Meski anak sudah pernah diimunisasi, tetap perlu datang untuk dosis tambahan. Jika ada keraguan, tanyakan pada petugas kesehatan.

“Ingat, setiap tetes vaksin polio melindungi tidak hanya anak Anda, tapi juga seluruh masyarakat. Bersama-sama, kita jaga Indonesia tetap bebas dari penyakit polio. Ayo, lindungi anak kita, lindungi masa depan bangsa!