TES KEBUGARAN PEGAWAI UPT PUSKESMAS CIKOKOL

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Dalam rangka menilai potensi kerja seseorang dari waktu ke waktu perlu dilakukan evaluasi tingkat kebugaran dan kesehatan. Pengetahuan tentang potensi kerja ini dapat digunakan sebagai sumber evaluasi yang berharga untuk dapat mengoptimalkan kebugaran sehingga dapat bekerja dengan produktif, efisien dan tidak mudah terserang penyakit, bersemangat, berprestasi secara optimal dan tangguh dalam menyelesaikan tugas. Termasuk dalam hal ini, apabila diketahui bahwa tingkat kebugaran tidak optimal dapat dilakukan intervensi khusus dengan berbagai aktifitas fisik.

      Olahraga adalah salah satu bentuk aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur dengan tujuan meningkatkan derajat kebugaran jasmani. Dengan olahraga atau aktifitas fisik secara baik dan benar, teratur dan terukur akan dicapai tingkat kebugaran yang optimal dan merupakan modal penting dalam meningkatkan produktifitas kerja dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

      Dalam rangka pelaksanaan evaluasi kebugaran, UPT Puskesmas Cikokolmelaksanakan pengukuran kebugaran karyawan Sabtu ( 04/11/2023 ) di Alun-Alun Kota Tangerang . Menurut Koorinator Kesjaor Muhamad Teguh A.Md, Kep kegiatan ini diselenggarakan dengan melibatkan  seluruh karyawan UPT Puskesmas Cikokol. Acara yang dimulai pada Pukul 07.00 WIB.

      Sebelum tes dimulai dilakukan pemeriksaan fisik meliputi  tekanan darah, denyut nadi . Kemudian dilakukan tes kebugaran dengan metode rockport yaitu dengan melakukan jalan cepat atau jogging . Metode ini mudah dilakukan dan relatif aman bagi orang yang memiliki faktor risiko terhadap penyakit serta tidak memerlukan alat khusus. Tes kebugararan dilakukan dengan cara berikut :

  1. Peserta melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, terutama otot-otot tungkai dan diakhiri dengan berjalan kaki selama 10-15 menit,
  2. Peserta melakukan jalan cepat atau jogging 4 kali putaran Alun-Alun dengan kecepatan konstan, dan dicatat waktu tempuhnya.



Selamat berolahraga, semoga sehat, bugar dan produktif...