Tes Kebugaran di Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Jurumudi Baru

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Salah satu agenda Puskesmas Jurumudi Baru di Bulan Agustus ini adalah tes kebugaran bagi siswa – siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Jurumudi Baru. Tes kebugaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmaninya dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya atau serangkaian pengukuran kondisi fisik bagi anak dan remaja indonesia.

Kebugaran adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari tanpa menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Pengukuran kebugaran jasmani anak sekolah dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran siswa.  Bertempat di SDN Jurumudi Baru, Rabu (10/8/23) dan MI At-Taqwa, Jumat (11/8/23). Metode yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan Single Test yaitu tes lari 1.000 meter untuk siswa SD kelas 4-5 (usia 10-12 tahun). Cara menilai tingkat kebugaran jasmani siswa dengan membandingkan jenis kelamin, usia dan waktu tempuh pada tabel klasifikasi penilaian kebugaran Single Test. Hasil yang diperoleh dikelompokkan menjadi tingkat kebugaran baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa diberikan rekomendasi aktifitas fisik yang sesuai untuk meningkatkan kebugarannya.

Penanggung jawab program Kesehatan Olahraga, Nurul mengatakan, tujuan dari tes kebugaran ini yaitu untuk meningkatkan perilaku siswa SD dalam meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatnya pengetahuan siswa SD terhadap perlunya latihan fisik dan olahraga menjadi budaya hidup sehari-hari, meningkatkan kemandirian sekolah dalam mendukung gerakan masyarakat untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa SD.Ungkapnya.

Guru sekolah mendukung dan para siswa juga antusias mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan kedepannya sekolah dapat melaksanakannya secara mandiri meskipun tanpa bimbingan dari puskesmas.

Tes kebugaran jasmani pada siswa/siswi SD juga merupakan salah satu komponen penting yang dapat mendukung prestasi siswa. Kebugaran jasmani dapat menggambarkan kondisi fisik seseorang untuk melakukan aktivitas. Kebugaran jasmani tidak sama dengan kesehatan. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar pasti sehat.Tutupnya