TalkShow "Tumbuh Kembang Optimal"

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Dalam Rangka Memperingati Hari Gizi Nasional Ke 63 dan HUT Kota Tangerang ke 30, UPT Puskesmas Manis Jaya mengadakan Kegiatan Talkshow dengan tema "Tumbuh Kembang Optimal" pada Kamis 9 Februari 2023 bertempat di Taman Puskesmas Manis Jaya.


Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan pada 1.000 hari pertama kehidupan membuat pemantauan tumbuh kembang anak sangat penting pada usia ini. 1.000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari saat pembuahan di dalam rahim ibu sampai anak berusia 2 tahun.  Pada anak usia 2 tahun tinggi badannya  sudah mencapai setengah dari tinggi orang dewasa dan perkembangan otaknya sudah mencapai 80% dari otak dewasa.

Tumbuh adalah bertambahnya ukuran fisik, seperti berat dan tinggi badan. Kembang ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi  lebih kompleks, seperti kemampuan bayi bertambah dari berguling menjadi duduk, berdiri, dan berjalan. Kemampuan ini harus sesuai dengan umurnya,  atau disebut tonggak perkembangan anak.

Pada anak usia <2 tahun terjadi perkembangan otak yang sangat pesat. Masa ini disebut dengan periode kritis perkembangan dan merupakan waktu yang  tepat untuk melakukan pemulihan bila ada gangguan perkembangan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan  angka kejadian anak pendek akibat masalah gizi di Indonesia sebesar 37,2 %, dan tentunya gangguan pertumbuhan ini  akan mengganggu perkembangannya. Maka, orangtua harus memantau tumbuh kembang anaknya  terutama pada usia <2 tahun.


Pemantauan tumbuh kembang, adalah suatu kegiatan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan pertumbuhan (status gizi  kurang atau buruk, anak pendek), penyimpangan perkembangan (terlambat bicara), dan penyimpangan mental emosional anak (gangguan konsentrasi dan hiperaktif). Pemantauan tumbuh kembang bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak serta menemukan secara dini adanya gangguan tumbuh kembang sehingga dapat ditindaklanjuti segera agar hasilnya lebih baik.

Narasumber dalam kegiatan Talkshow “Tumbuh Kembang Optimal” adalah dr. Armilla Rahmadhani, SpA dari Rumah Sakit Hermina Tangerang. Dalam kegiatan kali ini juga diadakan lomba pembuatan PMT Balita yang di ikuti oleh posyandu-posyandu di wilayah kerja UPT Puskesmas Manis Jaya.