Sosialisasi dan Simulasi SPILL KIT Kepada Seluruh Staff Puskesmas

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023 di ruang Aula UPT Puskesmas Neglasari. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh staff Puskemas Neglasari khususnya tim PPI yang akan melakukan sosialisasi dan simulasi, serta Analis Laboratorium yang menjadi contoh untuk simulasi tersebut.

Isi materi sosialisasi tersebut yaitu Penanganan tumpahan limbah medis adalah proses membuang semua atau sebagian besar pathogen dari permukaan atau benda yang terkontaminasi darah/cairan tubuh/reagen/tumpahan limbah infeksius.       

 

Spill kit adalah seperangkat alat yang digunakan untuk menangani tumpahan darah/cairan tubuh/ reagen/tumpahan limbah infeksius agar tidak membahayakan pekerja, pengunjung, dan orang-orang di sekitarnya.

 

Adanya spill kit untuk mencegah penyebaran infeksi yang akan terjadi akibat tumpahan tersebut. Petugas yang membersihkan harus mengenakan alat pelindung diri (APD) yang memadai sesuai dengan resiko pajanan tersebut.

 

Isi dari box spill kit yaitu:

1.       Larutan Chlorin 0,5% dalam botol tertutup( botol semprotan agar lebih memudahkan petugas )

2.       Kertas serap : underpad

3.       Alat Pelindung diri : kacamata, sarung tangan, masker, penutup kepala, apron

4.       Handsrub

5.       Sapu kecil

6.       Kantong plastic kuning : 2 buah

7.       Marka (tanda peringatan)

 

Setelah menjelaskan mengenai spill kit da nisi box spill kit, tim PPI memanggil cleaning service untuk mendemokan cara penangan tumpahan darah/limbah B3 dengan spill kit.

 

Kegiatan berjalan dengan lancar dan diharapkan semua yang hadir dapat memahami mengenai spill kit