Sero Survei Antibodi Cov-19 Berbasis Masyarakat

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Kelurahan Manis Jaya kembali terpilih menjadi lokasi pelaksanaan Sero Survei Antibodi Covid-19 berbasis komunitas di awal tahun 2023, kegiatan ini merupakan lanjutan dari sero survei sebelumnya yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengetahui tingkat antibodi seseorang terhadap virus Corona.

Sebanyak 15 warga kelurahan Manis Jaya dipilih berdasarkan data responden yang bersedia hadir di sero survei sebelumnya. Kegiatan sero survei ini meliputi pengambilan darah dan wawancara pada Rabu, 11 Januari 2023 yang berlokasi di Aula Kelurahan Manis Jaya Kecaamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Pengambilan darah dan wawancara dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan ditunjuk perwakilan kelurahan untuk menjadi penunjuk jalan.

Hasil Sero Survei nantinya akan digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan kesehatan berbasis bukti. Terdapat beberapa kebijakan yang keluar dari hasil sero survei. Selain pencabutan PPKM, sero survei menjadi dasar kebijakan vaksinasi Covid-19 yang lengkap dan peningkatan capaian vaksinasi booster, serta kebijakan vaksinasi pada anak.