PUSKESMAS PANUNGGANGAN TERAKREDITASI RAMAH ANAK TINGKAT PROVINSI BANTEN

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Sebagai pusat pelayanan kesehatan, puskesmas senantiasa berbenah dan mencari peluang inovasi. Seperti yang dilakukan jajaran Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang dengan baru diraihnya penilaian Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) tingkat Provinsi Banten dengan skor terbaik 99,2.


Diketahui, nilai tersebut dibubuhkan oleh DP3AP2KB dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, yang selanjutnya Puskemas Panunggangan akan maju untuk penilaian atau lomba pada tingkat Nasional.


Kepala Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dr Yumelda Ismawir mengungkapkan dalam pelayanan pihaknya berupaya membentuk sistem, meningkatkan mutu dan kinerja yang ramah anak dan memenuhi standar yang telah ditentukan. Mulai dari, tersedianya ruang pelayanan dan konseling anak, ruang tunggu atau bermain anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien.


Selain itu, tersedianya ruang ASI, tanda peringatan Kawasan Tanpa Rokok, sanitasi lingkungan puskesmas yang sesuai standar, kelengkapan sarana penyandang disabilitas, hingga pelayanan penjangkauan kesehatan anak.


“Puskesmas Panunggangan juga dinilai memiliki kelengkapan data yang baik terkait cakupan bayi kurang dari enam bulan mendapat ASI eksklusif, cakupan pelayanan konseling kesehatan peduli remaja, menyelenggarakan tata laksana kasus kekerasan terhadap anak dengan baik, dan banyak lainnya,” papar dr Yumelda.


“Kami juga mengoptimalkan pelayanan luar gedung. Seperti, kesehatan sekolah, posyandu balita dan remaja, pos gizi, aksi bergizi, kelas ibu hamil dan ibu balita, konseling ASI hingga pemberian makan bayi dan anak,” tambahnya.


Ia pun berharap, dengan nilai terbaik pada standarisasi PRAP tingkat Provinsi Banten ini mampu meningkatkan motivasi untuk lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal meningkatkan derajat kesehatan di Kota Tangerang.


“Dengan sudah terstandarisasinya pelayanan ramah anak di puskesmas ini, kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, mutu serta kinerja Puskesmas Panunggangan secara berkesinambungan, terlebih untuk nanti pada tingkat nasional,” katanya.


Read more at: https://tangerangkota.go.id/berita/detail/37737/puskesmas-panunggangan-kota-tangerang-terakreditasi-ramah-anak-tingkat-provinsi-banten


Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en