Puskesmas Panunggangan Juara I Puskesmas Terbaik Tingkat Banten Kategori Perkotaan

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Tetap berprestasi di tengah pandemi covid-19. Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang berhasil meraih juara I, sebagai puskesmas berprestasi kategori perkotaan tingkat Provinsi Banten. Mengharumkan nama Kota Tangerang dengan pelayanan kesehatan terbaik se-Provinsi Banten.

Kepala Puskesmas Panunggangan, dr Yumelda Ismawir mengungkapkan prestasi ini diraih setelah dipilih Dinkes Kota Tangerang, untuk mewakili Kota Tangerang dan bersaing dengan puluhan puskesmas lainnya di Provinsi Banten.

“Ratusan indikator dalam perlombaan ini kita lalui. Mulai dari pelayanan kesehatan, administrasi, pelayanan poli, pengobatan hingga beberapa inovasi yang kita lahirkan juga dinilai,” ungkap dr Yumelda, Kamis (5/8/21).

Ia menjelaskan, dalam alur pelayanan Puskesmas Panunggangan memiliki sistem barcode, yang tak dimiliki puskesmas lainnya. “Jadi, kita membuat kartu pasien, yang nantinya saat di scan bisa langsung terkoneksi dengan komputer administrasi. Mulai dari data KTP, hingga rekam kesehatan pasien selama berobat di Puskesmas Panunggangan,” jelas dr Yumelda.

Lanjutnya, terkait inovasi Puskesmas Panunggangan juga memiliki program Kolaborasi Gizi Masyarakat dan Penanggulangan Tuberkulosis Pada Balita, atau yang biasa disebut dengan SiMantab.

“Dalam program ini, Puskesmas Panunggangan berhasil menyelesaikan kasus kekurangan gizi pada anak, serta memberikan pelayanan tercepat pada kasus tuberkulosis usia dewasa. Puskesmas Panunggangan melakukan skrining kesehatan anak, memantau asupan gizi anak, dan memantau pertumbuhannya” katanya.

Tak sampai disitu, dipaparkan dr Yumelda Puskesmas Panunggangan juga memiliki inovasi pelayanan kesehatan remaja dengan program Posyandu Remaja Inovatif dan Kreatif (Pos Resik).

“Kami punya Pos Resik disetiap kelurahan, memberikan pelayanan kesehatan remaja setiap malem minggu. Mulai dari tes kesehatan, memberikan pengetahuan kesehatan remaja, serta membuka forum diskusi. Sehingga, penyakit-penyakit yang tidak diinginkan pada kalangan remaja bisa dicegah sedini mungkin,” paparnya.

Melalui prestasi ini, Puskesmas Panunggangan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terdepan, tercepat dan terbaik untuk warga Kota Tangerang. Serta, memaksimalkan pelayanan kesehatan walau masih ditengah pandemi covid-19.