Puskesmas Jurumudi Baru Laksanakan Kegiatan BIAS Di Sekolah Dasar

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

UPT Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang melaksanakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di seluruh Sekolah Dasar (SD) di wilayah kerja Puskesmas Jurumudi Baru, bertempat MI Fadhilliyah Senin  (6/11/2023) dan SDN Belendung Tengah, Selasa (7/11/2023).

Kegiatan BIAS itu dilaksanakan oleh Pengelola Program Imunisasi, Mima Utami Rahayu, A.Md.Keb dan tim.

Mima sapaan akrab PJ Imunisasi mengatakan, pada setiap bulan Agustus dan November  untuk imunisasi Kelas 1 (vaksin DT) sedangkan Kelas 2 dan 5 (vaksin Td) disetiap sekolah dasar yang tersebar diwilayah kerja Puskesmas Jurumudi Baru.

Dikatakan, Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah. 

Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. 

Pemberian imunisasi atau vaksin kepada anak sekolah ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus dilaksanakan diseluruh indonesia. imunisasi adalah suatu cara untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak ia terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan menderita tersebut. imunisasi lanjutan adalah imunisasi ulangan untuk mempertahankan tingkat kekebalan diatas ambang perlindungan atau untuk memperpanjang masalah perlindungan.

BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) atau sederajat (MI) di seluruh Indonesia, tutupnya.