Posyandu Remaja, Salah Satu Upaya Atasi Masalah Kesehatan Remaja di Wilayah Kelurahan Belendung Kota Tangerang

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Posyandu Remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahaan dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

 

Sasaran kegiatan Posyandu Remaja adalah remaja usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan. Kegiatan Posyandu Remaja tentu memiliki manfaat bagi remaja itu sendiri. Remaja akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi beberapa hal seperti kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktivitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja.

 

Posyandu remaja Belendung merupakan salah satu posyandu yang baru saja terbentuk di wilayah RW  Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda Kota Tangerang. Posyandu ini melaksanakan kegiatan pertama nya pada Minggu , 30 Juni 2024.  Kegiatan posyandu remaja ini dibuka oleh ketua RW dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan pemeriksaan Kesehatan bagi remaja meliputi penimbangan Berat Badan, pengukuran tekanan darah, skrining Penyakit Tidak Menular, penyuluhan kesehatan, selain itu juga terdapat konsultasi Kesehatan dengan petugas puskesmas.

 

Dengan adanya posyandu remaja yang rutin dilaksanakan, maka diharapkan dapat menjadi wadah atau tempat bagi para remaja untuk menambah wawasan kesehatan, menerapkan pola hidup sehat secara berkesinambungan, dan deteksi dini masalah kesehatan pada remaja.