POSYANDU REMAJA, PELAYANAN KESEHATAN UNIK UNTUK DAN OLEH REMAJA

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

UPT Puskesmas Jurumudi Baru melaksanakan kegiatan posyandu remaja  di wilayah kelurahan Jurumudi Baru dan kelurahan Belendung, Minggu (22/10/2023) ini bertujuan memberi wawasan serta penyuluhan terkait  dengan kesehatan , timbang berat badan dan ukur tinggi badan sekaligus penggalangan komitmen GERMAS, dihadiri kasie kemas Jurumudi Baru bersama karang taruna kel. Jurumudi Baru. 

 

Rosnani dewi PJ Promkes , Posyandu remaja dibentuk sebagai sarana untuk pelayanan masalah remaja, seperti pengetahuan reproduksi remaja, kesehatan remaja dan pola atau perilaku hidup remaja dari sudut kesehatan. "Jadi remaja bisa mengakses informasi yang jelas tentang hal yang berhubungan dengan kesehatan remaja. Karena di Posyandu remaja ada fasilitas deteksi kesehatan  dan pemberian FE  [zat besi] untuk remaja putri," katanya, Minggu (22/10/2023).

 

Ia menyebutkan pentingnya peranan posyandu remaja. Ketika ada masalah dengan remaja bisa didiskusikan di tempat tersebut. Tambahnya, pelaksana posyandu remaja, kadernya berasal dari remaja yang  didampingi oleh  petugas Puskesmas Jurumudi Baru.   "Kader dibentuk oleh puskesmas dari remaja putra-putri yang ada diwilayah kerja puskesmas. Pokoknya semuanya melibatkan remaja karena tujuannya untuk kebutuhan remaja,"imbuhnya.

 

Selain itu juga  menggambarkan, para kader Posyandu remaja bekerja didahului dengan pendataan jumlah remaja. Setiap kader menaungi sekitar 10-15 remaja. Kegiatan posyandu rutin dilaksanakan sebulan sekali.  Dalam kegiatan tersebut selain memberikan wawasan kesehatan juga memberikan layanan konseling masalah remaja.

Nurul mengatakan, pada tahun ini memang baru terbentuk  2 posyandu remaja mulai tahun ini. "Rencananya akan di bentuk lagi jika  memungkinkan  tutupnya