POSYANDU BALITA DAN PENYULUHAN KESEHATAN DI RW 05 KEL.CIKOKOL

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Salah satu tonggak kesehatan ditentukan oleh kesehatan balita sebab sejak awal kehidupan (janin, balita) merupakan modal dasar proses tumbuh kembang selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan. Hal ini berhubungan dengan interaksi genetik dan lingkungan.

Masa balita merupakan masa kritis dalam masa tumbuh kembang anak, karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa itu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada masa berikutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita, diantaranyta adalah faktor genetik keturunan dan hormonal, baik pre natal maupun postnatal. Stimulasi yang dilakukan secara terus menerus secara periodik oleh ibunya juga sangat mempengaruhi tingkat perkembangan.

Kader-kader Posyandu Ananda RW 05 Kel.Cikokol melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari UPT Puskesmas Ckokol Sabtu (16/09/2023), Bertempat di Posyandu Ananda RW 05 Kel.Cikokol diselenggarakan Posyandu Balita dan Penyuluhan Kesehatan dengan tema edukasi Pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asetat ).  

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan

Diharapkan melalui kegiatan ini warga juga bisa saling bersinergi, saling mendukung dan berupaya untuk aktif hadir dalam kegiatan Posyandu. Terutama keluarga yang mempunyai anak-anak balita diharapkan bisa hadir secara rutin perbulan. Sehingga nantinya akan tercetak generasi yang sehat, cerdas, dan bermartabat.