POS UKK, PROGRAM KESEHATAN UNTUK PEKERJA

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

UPT Puskesmas Jurumudi Baru tidak hanya melayani pelayanan kesehatan di dalam ruang namun juga di luar ruang. Tahukah Anda jika Puskesmas Jurumudi Baru memiliki program Pos UKK. Apa itu Pos UKK? Pos Upaya Kesehatan Kerja atau Pos UKK adalah suatu bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya di dalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja. 
Program Pos UKK di Puskesmas Jurumudi Baru di laksanakan oleh Dwi Wirawaty.,S.Kep,Ners. Setiap per enam bulan sekali melakukan pemeriksaan kesehatan di 1 Pos UKK binaan UPT Puskesmas Jurumudi Baru, Rabu (18/10/2023) bertempat CV.Aneka Citra Snack. Program ini menyasar para pekerja di sektor informal. Sasaran kunjungan di fokuskan pada usaha kecil menengah atau pabrik.

 

Kunjungan Pos UKK melakukan pelayanan promotif seperti PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat),  penyuluhan kesehatan dan konsultasi sederhana. Dari pemeriksaan  tersebut para pekerja memiliki tensi darah yang bervariasi. Untuk pelayanan preventif, pendataan dilakukan untuk mengetahui jenis pekerjaan dan risiko pekerjaan, pengenalan risiko di tempat kerja, contoh APD dan membantu pemeriksaan kesehatan awal. Lalu pelayanan kuratif pada P3K dan P3P atau pertolongan pertama pada kecelakaan dan penyakit. Terakhir pelayanan rehabilitatif,  berupa kelompok kerja rehabilitatif penyakit akibat kerja.