PIN POLIO TAHUN 2024 UNTUK BAYI DAN ANAK UMUR 0 S/D 7 TAHUN

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Penyakit Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Untuk mengatasi penyebaran virus polio ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) secara serentak di 13 kecamatan akan menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 23 Juli hingga 17 Agustus mendatang.


Kepala Dinkes Kota Tangeran dr. Dini Anggraeni menyatakan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan status polio sebagai masalah kesehatan masyarakat yang bersifat internasional, yang mana hal tersebut menunjukkan urgensi dalam menangani penyebaran penyakit ini.


Karena itu, upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi polio menjadi sangat penting untuk melindungi masyarakat dari ancaman Polio dan mencegah penyebarannya.


"Dampak penyakit ini sangat serius dengan kemungkinan terjadinya kelumpuhan bahkan kematian. Karena penyakit ini dapat masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi sistem saraf pusat, melemahkan otot dan menyebabkan kelumpuhan permanen,” jelas dr. Dini, Kamis (11/7/24).


Diketahui, target sasaran PIN Polio Kota Tangerang sebanyak 245.257 anak atau anak usia 0-7 tahun dengan rentang kelahiran mulai 24 Juli 2016.


Tujuan Digelarnya PIN Polio


Pelaksanaan PIN Polio memiliki beberapa tujuan utama, yaitu melindungi anak-anak dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan.


Mencegah dan menghentikan penyebaran virus polio yaitu memutus rantai penularan. Meningkatkan kekebalan masyarakat, membuat lebih banyak anak memiliki kekebalan terhadap polio, sehingga virus sulit menyebar ke masyarakat.


Menjangkau anak yang belum tervaksinasi, memberikan vaksin polio kepada anak yang mungkin terlewat atau belum mendapatkan imunisasi rutin.


Mendukung program bebas polio, meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio dan kesehatan anak.


Memperkuat sistem imunisasi melalui cakupan tinggi dan merata dengan target cakupan PIN Polio lebih dari 95 persen.


Jadwal Pelaksanaan PIN Polio di Kota Tangerang


PIN nOPV2 dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024 (7 hari + 5 hari sweeping) dilaksanakan dalam 2 putaran :


Putaran 1 :

* dosis 1: 23 s/d 29 Juli 2024

* sweeping : 30 juli s/d 3 Agustus 2024


Putaran 2:

* dosis 2 : 6 s/d 12 Agustus 2024

* sweeping : 13 s/d 17 Agustus 2024


Lokasi pelaksanaan PIN Polio: puskesmas, posyandu, RS/RSIA/klinik, sekolah, pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan/puskesmas.


Read more at: https://www.tangerangkota.go.id/berita/detail/44099/mengenal-pin-polio-yang-akan-digelar-di-kota-tangerang-tujuan-dan-pelaksanaanya


Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en