PERTEMUAN VALIDASI DATA KIA DENGAN KADER SRIKANDI

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pelaksanaan kegiatan Pertemuan Validasi Data KIA dengan Kader Srikandi pada 6 Maret 2024.

Validasi data kesehatan ibu dan anak dengan kader merupakan suatu proses di mana kader kesehatan di tingkat masyarakat terlibat dalam memverifikasi dan memperbarui informasi terkait kesehatan ibu dan anak yang tercatat dalam sistem atau dokumen tertentu, seperti Kartu Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) atau catatan kesehatan keluarga.

Proses ini biasanya melibatkan kader kesehatan yang berkunjung langsung ke rumah-rumah di komunitas untuk melakukan wawancara dengan ibu dan keluarga mengenai kondisi kesehatan mereka. Kader akan mencatat informasi seperti riwayat kesehatan ibu selama kehamilan, kelahiran, dan setelah melahirkan, serta kondisi kesehatan anak-anak termasuk pertumbuhan, imunisasi, dan riwayat penyakit.

Setelah data dikumpulkan, kader akan membandingkannya dengan catatan kesehatan yang ada atau yang tercatat dalam sistem kesehatan. Jika terdapat perbedaan atau ketidaksesuaian data, kader akan membantu untuk memperbarui atau mengoreksi informasi tersebut.

Tujuan dari validasi data kesehatan ibu dan anak dengan kader adalah untuk memastikan bahwa informasi yang tercatat dalam sistem atau dokumen kesehatan sesuai dengan kondisi aktual ibu dan anak di komunitas tersebut. Hal ini penting untuk memastikan pelayanan kesehatan yang tepat dan efektif serta untuk mendukung upaya pemantauan dan perbaikan kesehatan ibu dan anak di tingkat masyarakat.