Peringati Hari Gizi Nasional, Puskesmas Jurumudi Baru Kolaborasi dengan Program Lainnya

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional, Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang, menggelar kegiatan edukasi dan pemberian makanan tambahan bagi Balita di puskesmas, Jumat (26/01/2024).

Penanggung jawab Gizi, Ayu Nurjanah mengatakan, kegiatan edukasi yang diikuti oleh Ibu dan Balita yang berobat jalan di puskesmas ini berkolaborasi dengan beberapa penanggung jawab program lainnya.

"Para Balita mendapatkan makanan lengkap dengan protein hewani, sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional," terang Ayu.

Selain itu, lanjut Ayu para orangtua yang mendamping Balita juga mendapatkan edukasi terkait pola asuh dan pemberian makanan anak, agar tumbuh kembang anak sesuai dengan usia, serta terhindar dari Stunting.

"Ini menjadi gambaran atau model bagi ibu-ibu seperti apa standar makanan buat anak balitanya agar dapat diterapkan di rumah," tuturnya.

Hal yang senantiasa harus diperhatikan para orangtua adalah, meluangkan waktu menyiapkan makanan untuk anak, Bersabar dalam memberi makan anak, tidak terburu-buru serta fokus kepada anak.

Disamping itu Nurhayati menambahkan, para ibu juga diedukasi terkait pentingnya protein hewani dalam makanan anak. Protein hewani penting untuk mencegah stunting karena mengandung asam amino esensial yang lengkap dan berkualitas tinggi. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi tubuh sendiri sehingga sepenuhnya harus didapatkan dari makanan.

Protein hewani tidak hanya efektif memperbaiki kualitas makanan tetapi juga status gizi, serta luaran kesehatan lain seperti pertumbuhan, fungsi kognitif, aktivitas fisik, dan performa sekolah di negara berkembang.

"Kita juga mengedukasi para ibu agar rutin membawa anak ke posyandu, agar tumbuh kembang dan kesehatan anak dapat terpantau, serta memberikan hak anak untuk diimunisasi," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Mulai tanggal 12 Januari 2024 diperingati sebagai Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Peringatan ini bertujuan untuk membentuk budaya K3 agar dapat bekerja dengan nyaman, sehat dan layak. Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi pegawai di lingkungan Puskemas Jurumudi Baru, Jum’at (26/01/2024). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3). Dalam kegiatan tersebut dilakukan skrining kesehatan (timbang BB, lingkar perut,dan pemeriksaan GDS)
.

 

Dwi Wirawaty,Pj. PTM Puskesmas menuturkan  gencar melakukan skrining terutama Penyakit Tidak Menular karena fakta dilapangan PTM ini telah menyerang usia produktif bahkan usia muda, Selain itu, pelaksanaan skrining merupakan bagian dari upaya mencegah angka kesakitan dan kematian pekerja juga dapat meningkatkan produktifitas.

“Ini sejalan apa yang ingin dicapai melalui bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional yang menjadikan pekerja sehat, selamat dan produktif,”.Jumlah pegawai yang diperiksa sebanyak 56 orang.