Penyuluhan Pencegahan Penyakit TB di sela-sela Kegiatan Pos Gizi Kelurahan Keroncong

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Kegiatan pos gizi dilakukan dengan memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk bayi dan balita selama 14 hari berturut-turut dalam rangka mencegah stunting. Dalam kesempatan ini, dilakukan penyuluhan mengenai pencegahan penyakit Tuberkulosis oleh petugas Kesehatan dari Puskesmas Jatiuwung (Senin, 25 September 2023).

Bertempat di Pos Gizi DAU Kelurahan Keroncong, sembari PMT dibagikan, ibu bayi balita menyimak penyuluhan yang sedang berlangsung. Tuberkulosis (TBC) atau TB adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Penularan TBC terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang terinfeksi TBC bersih atau batuk. TBC pada paru-paru akan menimbulkan gejala berupa batuk lebih dari 3 minggu yang dapat disertai dahak atau darah. Selain itu, penderita juga akan merasakan gejala lain, seperti demam, nyeri dada dan berkeringat di malam hari.