Peningkatan Kapasitas Layanan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) HIV

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

(Tangerang - 14/09/2023)

PDP adalah Kepanjangan dari Pasien Dalam Pengawasan. Ini merupakan kelompok orang yang mengalami gangguan kesehatan dan tercatat sebagai pasien.Disebut sebagai PDP apabila pasien ini menunjukkan tanda-tanda yang mengarah kepada gejala infeksi HIV.

Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah suatu virus patogen yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Lantaran, HIV ini menginfeksi serta merusak sel CD4 yang berperan penting dalam sistem imunitas tubuh. 

Apabila tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut, HIV dapat mencapai stadium akhir dan mengakibatkan kondisi yang disebut AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS adalah kumpulan dari beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh sangat lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Pertemuan Dinas Kesehatan Kota Tangerang yang dihadiri oleh petugas puskesmas memberikan arahan kepada petuga puskesmas untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada pasein dalam pengawasan HIV di Kota Tangerang, sehingga tercipta kesehatan yang lebih baik lagi untuk para pasien.