Pengembangan Pesantren Sehat Melalui Pendekatan PHBS Tahun 2023

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pondok Pesantren merupahkan sebuah lembaga pendidikanIslamtradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutankiaidan mempunyaiasramauntuk tempat menginapsantri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang beserta UPT Puskesmas Jurumudi Baru melakukan koordinasi persiapan pengembangan pesantren sehat bertempat Pondok Pesantren At-Taqwa pada Rabu (20/9/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan stimulant kepada pondok pesantren untuk memotivasi dan mengadakan kembali perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyrakat pesantren sehingga tercipta pesantren sehat. Selain itu, acara ini bertujuan sebagai implementasi germas, paparan survey mawas diri, survey masyarakat pesantren dan komitmen perilaku dan rencana tindak lanjut.

Acara dihadiri oleh perwakilan FKTS, Drs. KH. A. Chaeruddin, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, juga dari ustad dan ustadzah pondok pesantren At-Taqwa serta perwakilan dari UPT. Puskesmas Jurumudi Baru dan santri putri Pondok Pesantren At-Taqwa.

Rosnani Dewi Pj Promkes UPT Puskesas Jurumudi Baru, menjelaskan Pondok Pesantren yang merupahkan tempat berkumpulnya orang dalam jumlah banyak apabila penghuninya tidak berperilaku hidup bersih dan sehat sangat rawan untuk terjadinya masalah kesehatan. Sehingga kegiatan pembinaan ke pondok pesantren ini juga merupahkan hal penting yang harus dilakukan secara rutin.

Kepala UPT Puskesmas Jurumudi Baru, drg.Muhammad Ilham menyebutkan, kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan peningakatan kesehatan masyarakat pesantren melalui pendekatan promotif dan preventif melalui optimalisasi adanya persiapan pengembangan pos kesehatan pesantren (Poskestren). Pengembangan pondok pesantren sehat ini merupakan rangkaian acara ini yang diawali dengan koordinasi via zoom satu minggu sebelumnya pada 14 September 2023 bersama Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan Kementrian Agama.

Ustad Taqi berharap Semoga persiapan pengembangan pos kesehatan pesantren (poskestren) memberikan dampak positif ke santri-santri yang ada disini. Serta edukasi kesehatan reproduksi remaja, karena di ponpes At-Taqwa khusus putri jadi butuh edukasi sedini mungkin utk mempersiapkan diri dimasa depan menjadi seorang ibu.Tutupnya.