Pengembangan Kompetensi Petugas

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pelatihan Pengelolaan Web Dinas (PPID) Tahun 2024


Sumber: Koleksi Pribadi Peserta Diklat

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui internet. Halaman-halaman tersebut biasanya berisi informasi, gambar, video, atau elemen interaktif lainnya yang disajikan dalam format digital. Website dapat dibuat untuk berbagai tujuan, termasuk sebagai platform informasi, media, perdagangan elektronik (e-commerce), pendidikan, hiburan, dan lain sebagainya. Umumnya, website memiliki alamat unik yang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya melalui browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.

Promosi kesehatan melalui website merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan dan mendorong perilaku sehat kepada masyarakat secara luas. Website dapat menyediakan informasi terkini mengenai berbagai topik kesehatan, termasuk pencegahan penyakit, nutrisi, gaya hidup sehat, kebugaran, dan lain-lain. Informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk artikel, info grafis, atau video. Dengan memanfaatkan website sebagai media promosi kesehatan, informasi dan layanan kesehatan dapat diakses dengan lebih mudah oleh masyarakat secara luas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perilaku hidup sehat.

Pengembangan kompetensi ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten sejak tanggal 20 s.d. 28 Maret 2024 melalui zoom meeting. Peserta tergabung dari seluruh pengelola PPID dan atau pengelola web masing-masing OPD yang mengikuti pembelajaran dari narasumber Provinsi Banten.

Hari pertama, peserta mengikuti pembukaan dari kegiatan pelatihan ini melalui zoom meeting, kegiatan pembukaan dilakukan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten dan dihadiri oleh peserta secara klasikal dan daring. Dilanjutkan dengan materi oleh Ibu Ike tentang ASN Ber-AKHLAK, dilanjutkan dengan Ibu Fanny tentang sosialisasi Website LMS. Hari kedua materi disampaikan oleh Bapak Dino Pramono tentang Pengelolaan Web Dinas atau OPD. Di Hari ketiga peserta tetap mengikuti sesuai rangkaian kegiatan.