PEMBINAAN SEKOLAH SEHAT DAN PELATIHAN KKR (KADER KESEHATAN REMAJA ) DI SMPK PENABUR TANGERANG

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

UPT puskesmas Cikokol melakukan kegiatan Pembinaan Sekolah sehat dan Pelatihan KKR di SMPK Penabur Tangerang hari kamis (5/10/2023).

Pembinaan sekolah sehat yaitu usaha menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat bersih dan asri yang dapat mendukung proses pendidikan yang mencakup sehat jasmani, rohani, serta perilaku warga yang berada di sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat mencapai hasil yang optimal baik dari segi pengetahuan maupun dari segi keterampilan


Kesehatan remaja merupakan salah satu bidang kesehatan yang unik dan memiliki banyak aspek menarik. Dengan kerjasama yang baik antara para remaja, tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan anggota keluarga dari remaja tersebut. Salah satu kegiatan untuk mencapai kesehatan remaja diatas adalah kegiatan KKR (Kader Kesehatan Remaja ) merupakan suatu kumpulan peserta didik yang dipilih oleh guru atau lembaga sekolah untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, serta teman peserta didik khususnya dan disekolah pada umumnya. Sehubungan dengan hal diatas UPT Puskesmas Cikokol selalu unit pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya pada tanggal 5 Oktober 2023 telah melaksanakan pelatihan KKR di SMPK Penabur dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada KKR SMPK Penabur dalam hal kesehatan, adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa penyuluhan  tentang :
1. Gizi seimbang
2. Kebersihan diri / personal higiene (  CTPS, sikat gigi dll) dan kesehatan lingkungan ( jamban sehat PSN, kantin sehat dll

3. Kesehatan reproduksi

4. Pendidikan kesehatan jiwa

5. Pencegahan NAPZA termasuk merokok

Peranan KKR dalam memelihara, membina, meningkatkan dan melestarikan kesehatan di lingkungan sekolah sangat menentukan, oleh karena itu KKR haruslah siswa yang memiliki watak seorang pemimpin, berprilaku sehat (PHBS), bertanggung jawab dan telah mendapatkan pelatihan kesehatan dari petugas kesehatan (puskesmas). Diharapkan  melalui kegiatan KKR ini remaja dapat terhindar dari berbagai faktor yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan.