Pemberian Makanan Tambahan Bagi Penderita TB Sebagai Upaya Peningkatan Asupan Gizi Pasien TB

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman, TBC bukan penyakit keturunan dan bukan penyakit kutukan. TBC bisa dicegah dan bisa diobati asal berobat secara teratur hingga dinyatakan sembuh oleh petugas kesehatan, Penyakit TBC,  juga tidak pandang bulu bisa menular kepada siapapun. Orang tua, muda, anak maupun bayi sehingga semua bisa terkena TBC. Dan TBC tidak hanya menyerang paru-paru tapi bisa menyerang seluruh organ tubuh manusia.

 

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui UPT Puskesmas Jurumudi Baru bekerja sama dengan BAZNAS Kota Tangerang melaksanakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada 7 pasien TB yang yang masih dalam pengobatan, dengan harapan untuk meningkatkan asupan gizi yang akhirnya dapat meningkatkan status gizi mereka,” ucap Siti Fajriah yang biasa disapa Mumu PJ program TB puskesmas disela-sela kegiatan. Kamis (14/9/2023). Bantuan ini diberikan secara rutin setiap bulan hingga enam bulan kedepan kepada penderita TBC yakni sampai pengobatan selesai.

 

Zaman dulu TB dianggap aib. Sekarang jangan malu kita melapor untuk mendapatkan pengobatan khusus yang terus menerus. Karena jika terputus harus ulang lagi. Waktunya pun cukup panjang selama 6 bulan. Jangan malu, daripada nanti tidak ketahuan tapi malah menularkan ke orang terdekat dan tertangga. Jika mengikuti pengobatan, setelah dua minggu tidak akan menularkan lagi, dan setelah dua bulan sudah dinyatakan sembuh tapi TB-nya masih di badan, namun setelah 6 bulan barulah dikatakan sembuh,” tegas Mumu.

 

Kepala UPT Puskesmas Jurumudi Baru, drg Muhammmad Ilham berharap program bantuan PMT tersebut dapat bermanfaat dan meningkatkan semangat pasien TBC untuk terus berobat. Tak hanya itu, hal tersebut menjadi dorongan untuk tidak merasa sendiri dalam berjuang meraih kesembuhan, yakni mengkonsumsi obat selama enam bulan penuh tanpa putus.Ujarnya

 

Untuk itu Ilham mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi TB di kota Tangerang pada umumnya khususnya di wilayah kecamatan Benda dengan bahu membahu agar menjadi ringan.Sambungnya.

“Jadi bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi kita semua. Dan pemerintah pun terbantu dengan keberadaan kader TB . Ayo berobat atau bisa datang melapor ke puskesmas sehingga bisa mengikuti program pengobatan. Pengobatan dan obat-obatannya gratis,”Tutupnya.