Pembagian Alat Antropometri sebagai Upaya dalam Pemantauan Status Gizi Bayi dan Balita di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Jatiuwung

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Serah terima (peminjaman) alat antropometri secara simbolis dilakukan pada hari ini (Rabu, 13 September 2023). Alat antropometri atau Antropometri Kit berfungsi untuk menilai ukuranm proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Antropometri kit juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak. Untuk mendeteksi stunting, alat ini harus berstandar Kemenkes dan mengacu pada Permenkes Nomor 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak.

Alat antropometri  yang dibagikan terdiri dari alat ukur berat badan bayi (baby scale), alat ukur berat badan injak, alat ukur panjang badan, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar lengan atas, dan alat ukur lingkar kepala.

Serah terima alat antropometri dilakukan secara simbolis di Kantor Kelurahan Keroncong dan dihadiri oleh drg. Wien Agung Firdiansyah, MKM selaku Kepala UPT Puskesmas Jatiuwung, Bapak Lurah Keroncong, Bapak Lurah Alam Jaya, Bapak Lurah Pasir Jaya, anggota Dewan Dapil V, serta perwakilan ibu kader posyandu. Kemudian dilanjutkan dengan pendistribusian alat antropometri ke 4 posyandu. Selanjutnya akan dilakukan pembagian alat antropometri ke seluruh posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Jatiuwung yaitu sebanyak 12 posyandu di Kelurahan Keroncong, 9 posyandu di Kelurahan Pasir Jaya, dan 11 posyandu di Kelurahan Alam Jaya.