Pelayanan imunisasi, penimbangan, dan pemberian Vitamin A di Posyandu Kebon Kelapa, Kelurahan Keroncong

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pelaksanaan pelayanan imunisasi, penimbangan, dan pemberian Vitamin A di Posyandu Kebon Kelapa, Kelurahan Keroncong (23/10).

Tujuan pemberian imunisasi adalah membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit. Pemberian imunisasi pada bayi menjadi hal yang penting, sebab tubuh bayi memiliki tingakt imunitas yang rendah sehingga harus segera mendapatkan perlindungan infeksi penykait menular.

Pelaksanaan posyandu ini dilakukan secara rutin setiap bulan, selain pemberian imunisasi oleh tenaga kesehatan, dilakukan juga pengukuran status gizi balita dibantu oleh ibu kader posyandu.

Vitamin A adalah salah satu zat gizi esensial yang dibutuhkan balita untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin A dalam tubuh menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan dalam pembentukan tulang, menjaga dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Suplementasi vitamin A dilakukan pada bayi, balita, dan ibu nifas. Pemberian vitamin A dalam bentuk kapsul vitamin A biru 100.000 IU (internasional unit) untuk bayi 6-11 bulan dan kapsul vitamin A merah 200.000 IU untuk balita 12-59 bulan serta ibu nifas. Pemberian vitamin A dapat dilakukan di Posyandu ataupun fasilitas pelayanan kesehatan lain pada bulan Februari dan Agustus. 

Ayo ke Posyandu!
Ibu Sehat,
Anak Cerdas,
Keluarga Sejahtera!