Pelaksanaan Bulan Vitamin A Akan Digelar pada Oktober 2023

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pelaksanaan Bulan Vitamin A yang seharusnya di Bulan Agustus 2023 ditunda menjadi Bulan Oktober 2023.

 

Menindaklanjuti surat dari Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI tentang Perubahan Jadwal Pemberian Vitamin A Tahun 2023 sehubungan dengan adanya Pelaksanaan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) terintegrasi dengan Pemeriksaan Serum Retinol Darah Tahun 2023 yang akan dilaksanakan Agustus s/d September 2023. Perubahan Jadwal Pemberian Vitamin A Semester 2 Tahun 2023 ini tidak mempengaruhi Jadwal Pemberian Vitamin A tahun 2024 yaitu Tetap di Bulan Februari dan Agustus  2024.

 

Tentunya pemberian vitamin A ini dilaksanakan selama bulan Oktober, gratis tanpa dipungut biaya. Dimana nantinya ada dua jenis kapsul yang berbeda diberikan sesuai dengan usianya. “Vitamin A ini diberikan kepada bayi enam sampai 11 bulan dengan vitamin A berkapsul biru. Sedangkan untuk balita 12-59 bulan yang diberikan ialah vitamin A berkapsul merah. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Perlu diketahui, Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh. Apabila anak kekurangan vitamin A, maka akan rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, hingga diare. Tentunya harus dengan diimbangi pemberian makanan sehat dan bergizi.

 

“Untuk itu, kami mengimbau kepada para orang tua agar segera membawa balitanya ke posyandu terdekat, agar mendapatkan layanan pemberian vitamin A secara gratis pada bulan Oktober ini. Tak hanya itu, tetap berikan gizi seimbang bagi keluarga dan pastikan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.