Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Di Kecamatan Benda Kota Tangerang

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

UPTD Puskesmas Jurumudi Baru dan Puskesmas Benda menggelar kegiatan Lokakarya Mini Triwulan Lintas Sektoral di Aula Kecamatan Benda, Selasa (30/5/2023). 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dengan para stakeholder di wilayah Puskesmas Jurumudi Baru dan Puskesmas Benda dalam bidang layanan kesehatan yang dilakukan setiap tiga bulan. 

Dalam sambutanya Camat Benda Boyke Urif Hermawan S.Ikom menjelaskan pentingnya kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah ini untuk mensosialisasikan berbagai program kesehatan yang dimiliki hingga penanganannya untuk masyarakat melalui peran Puskesmas. 

"Pada dasarnya apa yang disarankan pemerintah ini tidak akan mencelakakan masyarakat dan tentunya untuk mensejahterakan rakyatnya," ujar Boyke. 

Selanjutnya Kepala Puskesmas Jurumudi Baru drg. Ilham dalam laporannya ia mensosialisasikan kepada para Lurah dan stakeholder Kecamatan terkait pentingnya masyarakat mengetahui berbagai penyakit yang kerap dijumpai di lingkungan demi mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat khususnya untuk wilayah Puskesmas Jurumudi Baru dan Puskesmas Benda. 

Dalam kegiatan Lokakarya Mini tersebut, pihak Puskesmas Jurumudi Baru memberikan informasi dan pengetahuan berbagai program Puskesmas kepada masyarakat wilayahnya seperti yang utama yaitu stunting Seorang anak dikategorikan stunting apabila tinggi badan menurut usianya lebih dari dua standar deviasi, di bawah ketetapan Standar Pertumbuhan Anak WHO.Stunting wajib diwaspadai karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak buah hati Anda. Sebagai orang tua, Anda dapat membedakan tanda anak stunting dari tinggi badan di bawah rata-rata teman sebayanya. Kekurangan gizi kronis juga membuat berat badan mereka sulit naik, bahkan terus menurun. Anak stunting cenderung mudah lelah dan tidak aktif jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Usai itu dilanjutkan dengan capaian program Jan s.d April 2023 yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Jurumudi Baru.

Sebagai penutup acara dilanjutkan dengan diskusi lintas sektoral dan kesepakatan pertemuan terkait pelayanan kesehatan di wilayah UPTD Puskesmas Jurumudi Baru dan Puskesmas Benda bersama Camat Kecamatan Benda, Lurah Belendung, Lurah Jurumudi Baru, Lurah Pajang, Lurah Benda, Lurah Jurumudi, perwakilan Polsek Benda, perwakilan Danramil Batu Ceper, perwakilan KUA Benda, perwakilan DP2KBP3A, perwakilan RT,RW dan para Kader Kelurahan.