Launching Posyandu Remaja, Diharapkan Mampu Mengatasi Berbagai Problem Kesehatan Yang Dialami Remaja

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Hari Minggu, 12 Februari 2023, bertempat di Masjid Al-Munawaroh Kelurahan Belendung dilaksanakan kegiatan launching  posyandu remaja. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh petugas kesehatan UPT Puskesmas Jurumudi Baru yang ditugaskan, memberikan simulasi tentang cara pengukuran TB dan BB, pengecekan tekanan darah dan lain-lain..  Pada kegiatan tersebut dilaksakan pengukuran tinggi dan berat badan serta pengecekan tekanan darah. Kepala UPT. Puskesmas Jurumudi Baru Hermawan menerangkan Posyandu remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja, diharapkan mampu mengatasi berbagai potensi permasalahan tersebut.

Pelayanan kesehatan remaja di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang peduli remaja, mencakup upaya promotif dan preventif, meliputi: Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), kesehatan reproduksi remaja, kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktifitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pencegahan kekerasan pada remaja.Lanjutnya. Sasaran Remaja usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan dengan tidak memandang status pendidikan dan perkawinan termasuk remaja dengan disabilitas.Sambungnya.

Fungsi Posyandu Remaja

  1. Sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja
  2. Sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan yang mencakup upaya promotif dan preventif, meliputi: Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat (PKHS), kesehatan reproduksi remaja,pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktifitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pencegahan kekerasan pada remaja.
  3. Sebagai surveilans dan pemantauan kesehatan remaja di wilayah sekitar.

Posyandu Remaja diharapkan memberikan pula berbagai wawasan mengenai kesehatan, agar remaja bisa menerapkan pola hidup sehat secara berkesinambungan. Tutupnya.