KUNJUNGAN RUMAH ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) OLEH UPTD PUSKESMAS JURUMUDI BARU

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Dalam rangka mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, MM., senantiasa menghimbau kepada seluruh fasilitas kesehatan untuk memastikan seluruh masyarakat agar “tersentuh” oleh layanan kesehatan salah satunya dengan kegiatan kunjungan rumah sebagai bentuk implementasi Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga. Salah satu puskesmas yang telah menerapkan kegiatan ini adalah UPTD Puskesmas Jurumudi Baru. Kepala UPTD Puskesmas Jurumudi Baru dan tim, bersama dengan Kader wilayah Belendung mengunjungi salah satu rumah warga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa, Selasa (31/01/2023). 

 

Tenaga kesehatan yang ikut serta dalam kunjungan tersebut, melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah kepada keluarga dan pasien gangguan jiwa, meski pada akhirnya pasien menolak untuk diperiksa. Selain dilakukan pemeriksaan kesehatan, Kepala UPTD Puskesmas Jurumudi Baru melakukan wawancara dan pendekatan kepada keluarga pasien terkait riwayat kesehatan pasien.

 

Sebagai tindak lanjut dari kunjungan tersebut, pihak UPTD Puskesmas Jurumudi Baru akan selalu berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk mendukung dan memantau pasien meminum obat. Petugas kesehatan wilayah yang bekerja sama dengan kader kesehatan setempat akan selalu melakukan monitoring memantau kondisi pasien.