Kolaborasi Atasi Stunting, UPT Puskesmas Jurumudi Baru Luncurkan Pos Gizi, Sahabat

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Lurah Pajang Abdul Wahab mendukung penuh keberadaan Pos Gizi, sebagai salah satu wadah dalam mengatasi masalah Stunting di Kota Tangerang, khususnya di Kecamatan Benda. Kegiatan Pos Gizi ini, merupakan kerjasama pihak kecamatan dan kelurahan serta Puskesmas Jurumudi Baru dalam mewujudkan Kecamatan Benda menjadi zero stunting, dalam upaya membangun kepedulian masyarakat terhadap masa depan anak-anak di lingkungan masing-masing.

 

"Pos Gizi merupakan salah satu bentuk kepedulian sesama masyarakat, terhadap warga di lingkungan masing-masing yang mempunyai indikasi stunting, bertempat posyandu Mandala, Pajang. Selasa (14/06/2023). Hingga saat ini Puskesmas Jurumudi Baru telah melaksanakan program Pos Gizi di tiga kelurahan, sekaligus meluncurkan program ‘’SAHABAT’’ (Sapa Balita Menuju Sehat) dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

 

Kepala Puskesmas Jurumudi Baru drg Muhammad Ilham mengatakan, dalam kegiatan Pos Gizi yang dilaksanakan hari ke 9, para balita peserta program akan dilakukan penimbangan setiap hari. Ia mengatakan Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru akan dijalankan secara kolaborasi lintas sektoral, meliputi dinas-dinas lain yang terkait, kecamatan, kelurahan, PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan masyarakat secara langsung.

Terkait prosesnya, kita punya tim gizi yang bertugas memverifikasi data anak/balita yang dinilai perlu mendapatkan program-program dari Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru ini ini. Untuk saat ini, masing-masing kita mengambilnya 10 dari tiap kelurahan, jadi sekitar ada 30 totalnya. Ke depannya akan terus ditambah dan ditingkatkan untuk menyasar masyarakat secara lebih luas lagi.

 

Penanggung jawab Program Gizi, Nurhayati mengatakan Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru juga akan diisi berbagai kegiatan yang dapat menunjang pola asuh yang baik dalam mencegah stunting, seperti pemeriksaan rutin, pemberian makanan sehat, konsultasi pola asuh, pembinaan terhadap orang tua/pengasuh, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan mencegah stunting agar tidak terus terjadi.

Selain itu, selama kegiatan para orang tua juga mendapat pencerahan ilmu dari narasumber yang telah di siapkan meliputi pencerahan kesehatan oleh petugas puskesmas, penyuluhan tentang IVA-test, parenting dan juga penyuluhan keluarga berencana.Sambungnya

 

Setelah kegiatan nanti akan dilakukan penimbangan dan pengukuran tumbuh kembang anak, setelah pelaksanaan Pos Gizi kita akan lakukan pemantauan secara berkala sekali seminggu dengan dilakukan penimbangan dan pemberian bantuan bahan makanan, tambah Nurhayati

 

Ia berharap kegiatan Pos Gizi menjadi langkah awal upaya penurunan Stunting, serta dapat menumbuhkan komitmen orang tua sebagai keluarga terdekat untuk mewujudkan generasi muda yang sehat dan cerdas.Tutupnya