KEGIATAN PELATIHAN DAN SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN BEKERJA SAMA DENGAN BPBD KOTA TANGERANG

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Tak dipungkiri fasilitas publik yang sering diakses masyarakat juga memiliki potensi ancaman bencana, termasuk puskesmas. Perlu dilakukan peningkatan kapasitas dalam kebencanaan untuk meminimalisir risiko yang dapat ditimbulkan dari sebuah bencana. Maka peningkatan pemahaman berupa kegiatan sosialisasi dan simulasi perlu dilakukan.

Pada hari Sabtu (28/10/2023) telah dilakukan sosialisasi dan simulasi kebakaran bagi Pegawai UPT Puskesmas Cikokol oleh tim BPBD Kota Tangerang. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang bahaya kebakaran baik di kantor maupun rumah tangga, penanganan bencana kebakaran dan pengenalan macam alat pemadam.

Tidak pas rasanya ketika kegiatan peningkatan kapasitas hanya sebatas teoritis di pertemuan ruang. Maka kegiatan dilanjutkan dengan simulasi kejadian bencana dan praktek pemadaman api. Sesuai rencana, Pegawai UPT Puskesmas Cikokol mensimulasikan kejadian bencana kebakaran sesuai dengan arahan dan kaidah penyelamatan diri dalam situasi darurat kebakaran. Selanjutnya praktek pemadaman api menggunakan APAR.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pegawai UPT Puskesmas Cikokol dalam hal bencana kebakaran. Mulai dari pengurangan risiko bencana sampai dengan penanganan kebakaran. Sehingga kedepan diharapakan mampu untuk bertindak secara mandiri dan kolektif dalam upaya penanganan bencana kebakaran dengan tepat.