Imunisasi bayi dan balita di Posyandu Melati 1B

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Pelaksanaan pelayanan imunisasi rutin pada bayi dan balita di Posyandu Melati 1B Kelurahan Keroncong pada hari Senin, 13 November 2023 petugas kesehatan memberi pelayanan imunisasi kepada bayi dan balita di wilayah posyandu.

Masa Bayi Balita adalah masa setelah dilahirkan sampai sebelum berumur 59 bulan, terdiri dari bayi baru lahir usia 0-28 hari, bayi usia 0-11 bulan dan anak balita usia 12 - 59 bulan. Kesehatan bayi dan balita sangat penting diperhatikan karena pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mentalnya sangat cepat. Upaya Kesehatan bayi dan balita meliputi tata laksana dan rujukan, gizi, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan, imunisasi, rehabilitasi dan perawatan jangka panjang pada penyakit kronis/langka, pola asuh dan stimulasi perkembangan, serta penyediaan lingkungan yang sehat dan aman. 

Imunisasi dasar untuk anak usia 0-2 tahun sangat penting bagi kesehatan , agar anak-anak terhindar dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pada praktiknya, masih sering dijumpai anak yang belum atau terlambat mendapatkan imunisasi. Pada dasarnya, imunisasi perlu diberikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Namun, banyak kondisi yang menyebabkan anak tidak mendapatkan imunisasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Beberapa anak sudah divaksin tetapi serial imunisasinya terputus. Namun, hal ini tidak menjadi hambatan untuk melanjutkan atau mengejar imunisasi. Imunisasi yang telah diberikan sebelumnya tentu sudah menghasilkan antibodi, meskipun kadarnya belum optimal atau mencapai kadar proteksi.