Hari Gizi Nasional 2023, Ini Cara Cegah Stunting pada Anak

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 diperingati pada Hari Rabu, 25 Januari 2023. Tema HGN kali ini adalah Protein Hewani Cegah Stunting.

Tema HGN kali ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mengajak masyarakat dan menggalang kepedulian serta meningkatkan komitmen dari berbagai pihak dalam rangka pencegahan stunting sehingga masyarakat menjadi lebih sehat.

Apa Itu Stunting?

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi. Stunting dipengaruhi oleh status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, serta ekonomi, budaya, maupun faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan.

Efek jangka panjang stunting adalah anak tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang rendah, prestasi belajar yang kurang dan tumbuh kembang yang tidak optimal. Perbedaan antara balita normal dan stunting dapat terlihat dari tinggi badan. Balita stunting terlihat lebih pendek dari balita seusianya. Namun, perbedaan yang tidak terlihat antara keduanya adalah perkembangan otak anak yang stunting tidak terbentuk dengan baik dan dapat berdampak panjang.

Cara Mencegah Stunting?

Pemerintah telah berusaha melalui Gerakan Cegah Stunting dengan 5 kegiatan 

o Gerakan #AksiBergizi : Membentuk kebiasan olahraga, sarapan dan konsumsi tablet tambah darah untuk menurunkan anemia pada remaja di sekolah

o Gerakan #BumilSehat : Meningkatkan pemeriksaan dan pengetahuan Bumil untuk meningkatkan kesehatan bumil

o  Gerakan #PosyanduAktif : Meningkatkan cakupan tumbuh kembang balita di Posyandu untuk deteksi dini dalam mencegah balita gizi kurang dan stunting

o    Gerakan #JamboreKader : Meningkatkan kapabilitas kader dalam memberikan pelayanan

o Gerakan #CegahStuntingituPenting : Mengedukasi masyarakat tentang stunting dan pencegahannya melalui pesan ABCDE yaitu

A: Aktif minum tablet tambah darah untuk ibu hamil dan remaja putri

B: Bumil teratur periksa kehamilan

C: Cukupi konsumsi protein hewani

D: Datang ke posyandu setiap bulan

E: Eksklusif ASI 6 bulan, dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun

Dalam peringatan HGN 2023, UPT Puskesmas Manis Jaya membagikan telur rebus untuk balita dan ibu hamil yang berkunjung untuk periksa kesehatan di Puskesmas Manis Jaya. Selain itu juga diadakan penyuluhan tentang isi piringku dan gizi seimbang. Di hari yang sama, Puskesmas Manis Jaya juga mengadakan kegiatan penyuluhan tentang anemia pada remaja putri, pemeriksaan haemoglobin dan minum tablet tambah darah bersama di 2 sekolah wilayah kerja puskesmas manis jaya yaitu SMP Al Hidayah dan SMK Gandasari.



Perbaikan gizi sangat penting terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, yaitu sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun. Sehingga konsumsi aneka ragam makanan bergizi dan tinggi protein hewani dapat mempercepat penurunan stunting dan mencegah terjadinya masalah gizi.