Gerakan Bumil Sehat 2022

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

PEKAN IBU HAMIL SEHAT 2022

Foto: Wawancara dalam pemeriksaan rutin ibu hamil Puskesmas Kunciran.

        Memperingati hari Ibu tanggal 22 Desember, Kementrian Kesehatan melakukan program Gerakan Bumil Sehat yang berlangsung pada tanggal 14-22 Desember 2022.  Program ini wajib diikuti oleh seluruh pelayanan kesehatan maupun instansi terkait non kesehatan dalam memeriahkan Pekan Bumil Sehat ini.

        Adapun tujuan umum dari kegiatan ini yaitu, menurunkan stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI). Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini terdiri dari:

        1. Meningkatkan kepatuhan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh Dokter, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi Tablet Tambah Darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan, serta melakukan persalinan di fasyankes.

        2. Mendorong peran keluarga, lingkungan kerja, dan komunitas dalam pendampingan ibu hamil.

        3. Meningkatkan komitmen dan kolaborasi lintas sektor terkait dalam rangka penyelenggaraan Bumil Sehat.

        4. Menyebarluaskan informasi, edukasi dan penggerakan melalui sosial media.


Gerakan Upload Bersama di Sosial Media

a. Gerakan/kampanye tanggal 22 Desember 2022 akan dilakukan secara serentak melalui sosial media

b. Seluruh mitra agar menggerakkan seluruh jaringannya untuk ikut serta dalam kegiatan ini dan bagi mitra dengan peserta/upload terbanyak akan mendapatkan apresiasi. Konten akan dipantau melalui tagar #BumilSehat, #gerakan22, #22kamisayangibu dan ditambahkan tagar nama intitusi contoh #22kamisayangibu

c. Setiap peserta dapat membuat dan mengirimkan konten-konten kreatif (berupa foto dan video) dan mengirimkan melalui media sosial milik institusi dan perorangan. Konten kreatif agar upload secara serentak pada tanggal 22 Desember 2022 pada pukul 14.02 WIB