Cek Tingkat Kebugaran dengan Melakukan tes kebugaran Metode Rockport

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Jumat (15/09) Puskesmas Manis Jaya mengadakan kegiatan Tes Kebugaran dengan metode Rockport menggunakan Aplikasi SIPGAR KEMENKES. Kegiatan Tes Kebugaran ini di ikuti oleh seluruh staf Puskesmas Manis Jaya, Pegawai Kelurahan, Perwakilan Guru-Guru Sekolah wilayah Kerja Puskesmas Manis Jaya dan Seluruh Kader Posyandu.

Kegiatan Tes Kebugaran ini menggunakan metode rockport. Tes kebugaran menggunakan metode Rockport adalah cara untuk mengukur tingkat kebugaran kardiorespirasi seseorang. Tes ini dirancang untuk menilai seberapa efisien sistem kardiorespirasi seseorang dalam memasok oksigen ke otot-otot mereka selama aktivitas fisik. Metode Rockport umumnya digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran kardiorespirasi pada individu yang mungkin memiliki tingkat kebugaran yang bervariasi. Sebelum melakukan tes kebugaran, dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Setelah itu pilih aktivitas yang sesuai untuk tingkat kebugaran Anda. Biasanya, ini adalah berjalan cepat atau berlari selama 1 mil (sekitar 1,6 kilometer). Lakukan aktivitas tersebut secepat mungkin, tetapi masih dalam batas kemampuan Anda. Selama aktivitas ini, catat waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan jarak yang telah ditentukan.

Tes kebugaran metode Rockport adalah tes yang relatif sederhana dan dapat memberikan perkiraan tingkat kebugaran kardiorespirasi seseorang.

Selain kegiatan Tes Kebugaran juga terdapat pemeriksaan fisik seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, dan tekanan darah. Skrining PTM, Skrining TB, Skrining HIV, dan pemeriksaan gula darah.