Cegah Stunting, Pemberian Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang, melalui UPT Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang melaksanakan pemberian makanan tambahan.

Makanan tambahan seperti susu, telur, beras dan makanan bergizi lainnya diserahkan langsung oleh Penanggung Jawab Program Gizi puskesmas,Nurhayati  kepada sejumlah ibu hamil yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Jurumudi Baru Kota Tangerang, Selasa (16/01/2024).

“Pemberian makanan tambahan ini adalah wujud perhatian dari Pemerintah kepada ibu hamil dan upaya pencegahan stunting,” kata Nurhayati.

Nurhayati juga menyampaikan, stunting adalah gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, stunting juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak.

Jadi utamanya mulai masa kehamilan dengan usia dua tahun itu periode emas dan menyarankan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dia pun berharap, agar semua pihak semakin peduli dengan program pemberantasan stunting di wilayah kerja puskesmas Jurumudi Baru.

Sementara itu penanggung jawab Kesehatan Ibu puskesmas Jurumudi Baru Nur Ari Utami, mengutarakan Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil sangatlah penting di masa kehamilan. Kemungkikan Ibu hamil tersebut mempunyai hipertensi, HIV/AIDS, Diabetes atau riwayat penyakit lainnya yang dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Stunting bisa juga terjadi bila ibu hamil tidak cukup mendapatkan asupan nutrisi seperti kalsium, zat besi, asam folat, omega-3, serta vitamin dan mineral penting lainnya. Akibatnya, janin di dalam kandungan juga tidak mendapat nutrisi yang memadai, lahir dengan berat badan rendah, risiko gizi buruk, atau komplikasi lain.Terangya. 

Semua pihak harus bergerak, kerja sama dengan lintas instansi, sektor, lembaga dan semua jajaran terkait. Semoga apa yang kami lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di Kota Tangerang pada umumnya serta masyarakat sekitar wilayah kerja puskesmas pada khususnya, dengan pemberian makanan tambahan (PMT) dapat mencegah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dan balita stunting.