active case finding tbc pada populasi beresiko dengan menggunakan x-ray mobile tahun 2023 Pondok Pesantren At Tahiyyah

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Skrining TB merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi TB atau tidak. TB merupakan infeksi bakteri serius. Infeksi ini terutama menyerang paru-paru, tapi juga dapat terjadi pada bagian lain tubuh.

Pondok Pesantren adalah salah satu lingkungan tempat tinggal yang padat dengan penduduk, atau santriwan dan santriwati. Dengan berbagai kegiatan santriwan dan santriwati yang padat dan saling berinteraksi setiap harinya. Keadaan seperti ini merupakan salah satu risiko tinggi adanya penularan penyakit, terutama Tuberkulosis atau yang biasa disebut TBC
Pada tanggal 02 Desember 2023 Puskesmas Petir melakukan skrining penyakit TBC kepada seluruh santriwati yang ada di Pondok PesantrenAt Tahiyyah.

Proses skrinning ini dilakukan dengan mengisi formulir oleh seluruh santriwati, yang mana isi formulir antara lain adalah pertanyaan-pertanyaan seputar Tuberkulosis atau gejala-gejala utama (batuk) dan gejala yang mendukung TBC, seperti sesak nafas, meriang, berkeringat tanpa melakukan aktifitas, berat badan menurun dan nafsu makan berkurang. Apabila ada yang dicurigai menderita TBC maka pemeriksaan akan dilanjutkan dengan menggunakan X-ray dan Tes Cepat Molekular (TCM)