Peninggkatan Kebugaran Peserta didik dan skrining perilaku merokok usia 10-18 tahun

facebook sharing button
twitter sharing button
whatsapp sharing button
telegram sharing button
gmail sharing button
sharethis sharing button

Upaya Kesehatan olahraga merupakan salah satu upaya kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat termasuk anak sekolah melalui aktivitas fisik, latihan fisik dan atau olahraga. Latihan fisik dan atau olahraga dapat memberikan dampak positif bila dilakukan secara baik, benar, terukur dan teratur. Sebaliknya bila dilakukan tidak sesuai dengan kaidah tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau cedera yang mungkin akan berakibat fatal.

Kebugaran jasmani mempunyai arti penting bagi anak usia sekolah, antara lain dapat meningkatkan fungsi organ tubuh, sosial emosional, sportivitas dan semangat kompetisi, serta mendukung prestasi belajar. Peningkatan aktivitas fisik serta melakukan latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur di sekolah dapat menurunkan angka kesakitan dan mendukung pendidikan karakter peserta didik.

Masalah kegemukan dan obesitas di Indonesia terjadi pada semua kelompok umur maupun strata sosial ekonomi. Anak yang kurang melakukan aktivitas fisik dapat menjadi gemuk dan obesitas yang akan berlanjut hingga usia dewasa. Anak usia sekolah merupakan penentu kualitas sumber daya manusia di kemudian hari.

Sekolah di wilayah kerja Puskesmas Poris Plawad salah satunya SDN Poris Plawad 01 melaksanakan peningkatan kebugaran yang diawali dengan peregangan (stretching) dilanjutkan dengan test lari cepat  mengelilingi lapangan dan diakhiri dengan peregangan pendinginan . selain dilakukanya kebugaran peserta didik diberikan skrining perilaku merokok pada usia 10-18 tahun yang bertujuan melihat kadar perilaku merokok pada anak sekolah dan hubungan pengetahuan tentang dampak buruk rokok. keberadaan perokok di lingkungan sekolah. (25/08)