DETAIL MAKLUMAT

STANDAR PELAYANAN PUSKESMAS GEMBOR

STANDAR PELAYANAN PUSKESMAS GEMBOR

1.       STANDAR PELAYANAN

A.      Persyaratan

1)      Umum
Menunjukkan identitas diri berupa KTP, KK atau kartu JKN sesuai dengan faskes pertama di Puskesmas Gembor, jika faskes pertamanya bukan Puskesmas Gembor maka bisa dilayani maksimal 3 kali kunjungan dalam waktu maksimal 1 bulan. Jika kunjungan sudah lebih dari 3 kali  dan jarak kunjungan sudah lebih dari 1 bulan akan diberlakukan tarif sesuai Peraturan yang berlaku.

2)      Khusus
Pasien Ibu Hamil  harap membawa buku KIA (jika sudah punya)
Pasien Rujuk Balik (PRB) wajib membawa kartu PRB
Pasien TB dan Kusta wajib membawa kartu berobat
Pasien anak umur < 18 tahun wajib ada pendamping/wali

B.      Sistem Mekanisme dan Prosedur

1)      Pasien mengambil Nomor antrian

2)      Petugas pendaftaran memanggil pasien sesuai dengan nomor antrian

3)      Pasien ke loket pendaftaran sesuai dengan nomor antrian yang dipanggil

4)      Setelah didaftarkan, pasien menunggu di ruang tunggu sesuai ruangan yang dituju

5)      Setelah dilakukan pemeriksaan pasien bisa melakukan pengambilan obat/pemeriksaan laboratorium/pulang sesuai dengan hasil Analisa dokter/tenaga kesehatan.

C.      Jangka Waktu Layanan

1)      Pemeriksaan dokter  5 s/d 10 menit

2)      Tindakan operasi kecil 30 s/d 60 menit

3)      Pemeriksaan kebidanan 10 s/d 20 menit

4)      Pemeriksaan Gigi 5 s/d 10 menit

5)      Tindakan pencabutan gigi 5 s/d 30 menit

6)      Tindakan penambalan gigi 10 s/d 60 menit

7)      Pemeriksaan Laboratorium  30 s/d 120 menit

8)      Pemeriksaan dahak TCM 5 s/d 7 hari

9)      Surat Keterangan Sehat 5 s/d 10 menit

(Waktu penyelesaian yang tersebut di atas adalah waktu rata-rata, tidak termasuk faktor penyulit dan waktu tunggu antrian)

D.      Biaya/Tarif

1)      Pasien dengan kartu JKN mengikuti aturan yang berlaku pada BPJS

2)      Peserta JKN yang TIDAK  terdaftar di Puskesmas Gembor dapat mengakses pelayanan rawat jalan tingkat pertama untuk paling banyak 3 (tiga) kali kunjungan dalam waktu paling lama 1 (satu) bulan di Puskesmas Gembor.

3)      Pasien peserta JKN yang TIDAK terdaftar di Puskesmas Gembor dan sudah dilayanani lebih dari 3 kali atau sudah lebih dari satu bulan akan diarahkan utk kembali ke FKTP asalnya, bila masih tetap ingin mendapatkan pelayanan di Puskesmas Gembor maka dikenakan tarif sesuai peraturan yang berlaku

4)      Pemeriksaan yang dilakukan diluar ketentuan BPJS akan dikenakan tarif sesuai Peraturan yang berlaku

5)      Pasien bukan peserta JKN dikenakan biaya sesuai peraturan yang berlaku

6)      Pasien bukan peserta JKN dan ber KTP Kota Tangerang yang keberatan atas biaya yang dikenakan bisa mengajukan keberatan dengan mengisi formulr yang disediakan.

7)      Pasien bukan peserta JKN dan ber KTP di luar Kota Tangerang akan dikenakan biaya sesuai peraturan yang berlaku

8)      Semua pemeriksaan atas permintaan sendiri dikenakan biaya sesuai peraturan yang berlaku
(Contoh: MCU, Surat keterangan sehat, Surat kematian dll)

9)      Semua biaya yang akan dibebankan kepada pasien wajib dijelaskan oleh petugas pada saat pasien mendaftar atau saat akan diperiksa atau saat akan dilakukan tindakan.

E.       Produk Pelayanan

1)      UKP

a.       Pemeriksaan Kesehatan Anak, Umum dan Lansia

b.       Pemeriksaan Kesehatan Ibu hamil, Bayi, Keluarga Berencana

c.       Pemeriksaan Kesehatan Gigi

d.       Pemeriksaan Penyakit Menular (TB, Kusta, IMS/HIV-AIDS dll)

e.       Pemeriksaan Laboratorium Darah, Kimia darah, Urine, Faeces dll)

f.        Pemeriksaan dan konsultasi Kesehatan Jiwa

g.       Pemeriksaan dan konsultasi Gizi

h.       Klinik Sanitasi (Konsultasi Sanitasi/Kesehatan Lingkungan)

i.         Imunisasi Dasar dan Booster pada Bayi dan Anak

j.         Vaksinasi Covid

k.       Pelayanan Persalinan

l.         Home Visit

m.     Pelayanan Ambulan Gratis

n.       Pemeriksaan Haji

2)      UKM

a.       Promosi Kesehatan

b.       Pelayanan Kesehatan Masyarakat untuk Ibu hamil, Bayi, Balita, Anak usia pendidikan dasar, remaja, usia produktif dan Lansia

c.       Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat

d.       Pelayanan Kesehatan Lingkungan

e.       Penanggulangan Penyakit menular dan penyakit tidak menular

f.        Pelayanan UKBM (Kelas Ibu Hamil, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Posbindu PTM)

g.       Pelayanan kesehatan gigi masyarakat

3)      Administrasi

a.       Surat Keterangan Sehat

b.       Surat Keterangan Sakit

c.       Surat Keterangan Kematian (*SKB)

d.       Surat Keterangan Layak Kawin

4)      Pendidikan

a.       Lahan praktik untuk peserta didik SMU/K

b.       Lahan praktik untuk mahasiswa Diploma, Sarjana, Pasca Sarjana, Profesi

c.       Lahan untuk penelitian kesehatan masyarakat

F.       Sarana, Prasarana atau Fasilitas

1)      Ruang tunggu

2)      Ruang pendaftaran

3)      Ruang periksa dan tindakan

4)      Ruang persalinan dan pasca persalinan

5)      Ruang Laboratorium

6)      Ruang Farmasi

7)      Ruang bermain

8)      Ruang menyusui

9)      Ruang pertemuan

10)   Toilet difable dan Lansia

11)   Parkir mobil dan motor

12)   Instalasi pengolahan limbah

13)   Air minum untuk pengunjung

 

2.       UMPAN BALIK DARI PENGGUNA LAYANAN

Kami sangat mengharapkan penilaian dan masukan dari Masyarakat tentang sarana, prasarana dan pelayanan yang kami berikan di Puskesmas melalui Survei Kepuasan Masyarakat dan bagi penerima layanan di Posyandu silakan mengisi Survei Kepuasan Kesehatan Masyarakat.

Bagi para peserta JKN/KIS silakan mengisi KESSAN (Kesan dan Pesan Setelah Pelayanan).

 

3.       PENGELOLAAN PENGADUAN

Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayan terbaik dan professional kepada Masyarakat, akan tetapi bila ada pelayanan yang masih belum sesuai dengan harapan masyarakat, kami siap menerima saran dan aduan yang bapak/ibu ajukan kepada kami. Silakan sampaikan kepada kami melalui Saran dan Aduan

 

4.       PELAYANAN KHUSUS

Pelayanan khusus kami berikan kepada para lansia dan penyandang disabilitas. Silakan hubungi petugas kami saat anda mengunjungi Puskesmas Gembor

 

5.       ATRIBUT

Semua staf Puskesmas Gembor menggunakan tanda pengenal pegawai.
Seragam yang berlaku pada Puskesmas Gembor :

Senin, Selasa      : Pakaian Coklat khaki

Rabu                      : Atasan putih, bawahan hitam

Kamis                    : Atasan batik, bawahan gelap atau dress batik

Jum’at                   : Baju koko putih, bawahan gelap atau baju muslim putih

Sabtu                    : Baju olah raga Dinas Kesehatan

 

6.       PELAYANAN TERPADU

Pelayanan terpadu bekerjasama dengan lintas sektor terkait adalah

A.      Bagi ibu hamil yang melahirkan di Puskesmas Gembor akan mendapatkan pelayanan kependudukan berupa Kartu Keluarga yang baru, Akte anak yang baru lahir, Kartu identitas Anak secara gratis

B.      Pelayanan pendaftaran peserta JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota Tangerang, bukan Peserta Penerima Upah (PPU)